PENGARUH PENGGUNAAN GADGET DENGAN APLIKASI GAME EDUKATIF TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DARUSSALAM 02 KARTASURA SUKOHARJO

Main Article Content

Riska Ayuningsih
Yuniar Ika Fajarini
Erlina Hermawati

Abstract

 Latar belakang : Pemakai gadget saat ini tidak hanya pada orang dewasa tetapi juga remaja bahkan anak prasekolah. Tingkat popularitas gadget di kalangan anak-anak tidak terlepas dari karakteristik gadget yang memberi ketertarikan bagi anak-anak. Bentuk penggunaannya cenderung bernilai negatif pada perkembangan anak apabila orag tua tidak dapat meyeleksi konten-konten yang ada dalam gadget. Peniliti ingin membuktikan gadget dengan aplikasi game edukatif mempunyai konten positif pada perkembangan kognitif anak usia dini.


Tujuan: Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan gadget dengan aplikasi game edukatif terhadap perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TK 02 Kartasura Sukoharjo


Metode penelitian: Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre experimental designs dengan menggunakan rancangan one group pretest posttes. Populasi penelitian ini adalah 42 anak usia 5-6 tahun di TK Darussalam 02 Kartasura. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi didapatkan 38 responden. Pengukuran perkembangan kognitif menggunakan checklist yang berisi 22 pernyataan. Pengolahan data menggunakan program komputer, dengan dianalisis secara univariat dan bivariat.


Hasil: Hasil penelitian membuktikan bahwa ada pengaruh penggunaan gadget dengan aplikasi game edukatif terhadap terhadap perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di TK 02 Kartasura diperoleh nilai signifikansi 0,000, nilai p<0,05.


Kesimpulan: Gadget dengan aplikasi game edukatif dapat memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan kognitif anak usia dini. Saran dalam penelitian ini adalah agar orang tua tetap melakukan pengawasan penggunaan gadget terhadap konten-konten apa saja yang digunakan anak agar pengaruhnya tidak ke arah negatif.

Article Details

Section
Articles