EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KLINIK PRECEPTORSHIP PROFESI NERS STIKES DUTA GAMA KLATEN

Main Article Content

Feri Catur Yuliani

Abstract

Latar Belakang: Pendidikan profesi keperawatan untuk menyiapkan peserta didik agar mampu melaksanakan fungsi dan peran sebagai seorang ners, sedangkan pendidikan keperawatan sebagai pendidikan profesi harus memiliki landasan akademik yang kokoh dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir dalam bidang keilmuan maupun keprofesian.


Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran klinik preceptorship profesi Ners STIKES Duta Gama Klaten.


Metode Penelitian: Dalam penelitian kualitatif ini, peneliti menerapkan langkah-langkah metode analisis tematik sebagai metode analisis data. Pengambilan data melalui in-dept interview, focus group discussion dan observasi. Penelitian dilakukan pada kegiatan mahasiswa profesi Ners STIKES Duta Gama Klaten yang melaksanakan praktek klinik di RSPAU dr.S. Hardjolukito.


Hasil: penelitian ini mengidentifikasi data kualitatif berupa 5 tema final yang diperoleh dari keterangan partisipan, meliputi efektifitas apersepsi dan orientasi klinik; harapan efektifitas pembelajaran klinik; proses pembelajaran klinik sesuai dengan kontrak belajar; efektifitas peran preceptor; efektifitas sistem assesmen.           


Kesimpulan: dalam penelitian ini bahwa proses pelaksanaan pembelajaran klinik preceptorship profesi ners STIKES Duta Gama Klaten sudah terlihat efektif yang ditunjukkan dengan pelaksanaan apersepsi dan orientasi klinik sebelum pembelajaran klinik, terlaksananya kontrak belajar yang telah disepakati, peran preceptor sebagai role model, skill building, critical thinking dan socialisation yang terlaksana dengan baik, serta sistem assesmen yang telah mencakup penilaian afektif, kognitif dan psikomotor.

Article Details

Section
Articles