FORMULASI SEDIAAN GEL EKSTRAK ETANOL DAUN KEMANGI (Ocinum sanctum L.) dengan AMYLUM MANIHOT SEBAGAI GELLING AGENT

Main Article Content

Septian Maulid Wicahyo

Abstract

Latar Belakang: Gel gigi adalah campuran dari bahan dengan efek utama membuat permukaan gigi lebih resisten terhadap kerusakan oleh bakteri mulut. Salah satu komponen penting pada gel gigi adalah bahan pengikat (gelling agent).Selain itu daun kemangi juga biasa digunakan sebagai lalapan untuk menghilangkan bau mulut.


Tujuan: Mengetahui konsentrasi optimum pada formulasi sediaan gel gigi ekstrak etanol daun kemangi dengan amylum manihot sebagai gelling agent.


Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan posttest only design. Penelitian dilakukan dengan pembuatan ekstrak etanol daun kemangi dengan menggunakan metode maserasi, setelah didapat ekstrak kental daun kemangi selanjutnya dilakukan pembuatan sediaan gel gigi yang dibagi menjadi 2 formula dengan kosentrasi Amylum manihot yang berbeda yaitu 10% dan 15%.


Hasil: Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah ekstrak etanol daun kemangi dan Amylum manihot. Sampel yang telah diformulasi menjadi gel gigi di uji secara organoleptik, homogenitas, pH, uji hedonik (uji kesukaan) dan uji penyimpanan. Hasil yang didapat adalah gel gigi ini aman dan baik digunakan.


Kesimpulan: amylum manihot dapat digunakan  sebagai gelling agent pada pembuatan formulasi sediaan gel gigi ekstrak etanol daun kemangi.

Article Details

Section
Articles