JURNAL KESIAPAN MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) SAAT PANDEMI COVID-19 DI STIKES DUTA GAMA KLATEN

Main Article Content

Putri Kusumawati Priyono
Yeni Rusyani .
Bayu Hartono .

Abstract

Pembelajaran pada hakikatnya adalah proses yang harus berpusat pada peserta didik artinya peserta didik harus memproses pengetahuan dan berperan aktif mencari dan menemukan sendiri pengetahuan (Eveline, 2010:). Namun tidak serta merta pembelajaran online dapat langsung digunakan dalam suatu lingkungan sekolah, berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami peserta didik. Kesiapan adalah keseluruhan kondisi seseorang yang membuatnya siap untuk memberi respons/jawaban di dalam cara tertentu terhadap suatu situasi (Slameto, 2013). Sebagaimana yang dikatakan oleh Rusman, Kurniawan dan Riyana (2011), bahwa guru dan siswa dapat menggunakan bahan ajar atau petunjuk belajar yang terstruktur dan terjadwal melalui internet, dalam rangka memperoleh informasi tambahan yang diperlukan berkaitan dengan bahan yang akan dipelajarinya dengan mengakses internet akan menjadi semakin mudah Tujuan penelitian ini adalah diketahuinya kesiapan Mahasiswa atau Dosen  (tutor) dalam pembelajaran daring di STIKES Duta Gama Klaten saat Pandemi COVID-19. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebesar 245 Responden yang tercatat sebagai mahasiswa aktif STIKES Duta Gama Klaten. Hasil penelitian diketahui bahwa Responden terdiri dari Dosen 1,6%, Mahasiswa Reguler Sore 83,7%, Mahasiswa Reguler Pagi 14,7% dengan area domisili bervariasi diantaranya Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DIY, Riau dan Bangka Belitung . Beberapa aspek yang diteliti dapat disimpulkan bahwa Mahasiswa maupun Dosen akan merekomendasikan metode pembelajaran daring khususnya selama pandemi COVID-19 kepada semua kalangan pendidik maupun pelajar/mahasiswa dengan didukung oleh kesiapan infrastruktur yang lengkap.

Article Details

Section
Articles