PENGARUH PENDIDIKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA TERHADAP KETERAMPILAN MENGHADAPI BENCANA ALAM GEMPA BUMI DI SDN KABUPATEN KLATEN

Main Article Content

Akbar Amin Abdullah
Yeni Rusyani
Tia Nur Hanifah

Abstract

Bencana gempa bumi dapat mempengaruhi beberapa aspek kehidupan, sarana prasarana, lingkungan dan ekonomi. Dampak aspek bencana gempa bumi berupa kematian, kehilangan keluarga, rumah, kerusakan jalan serta lahan perkebunan (Amri, 2016). Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan adalah dengan memberikan pendidikan kesehatan tentang gempa bumi. Pendidikan kesehatan adalah kegiatan pendidikan yang sangat efektif dilakukan dengan cara menyebarkan pesan, menanamkan keyakinan sehingga masyarakat tidak hanya tahu, sadar, dan mengerti, tetapi juga mau, bisa dan terampil melakukan suatu anjuran yang berhubungan dengan kesehatan. (Fitriani, 2014).


Jenis penelitian ini menggunakan quasy exsperiment dengan metode pendekatan kuantitatif. (Sugiyono, 2018). Rancangan atau desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest one group design, yaitu rancangan yang digunakan untuk mengetahui hubungan sebab akibat atau sebelum dan sesudah dengan cara melibatkan satu kelompok subyek (Sugiyono, 2017). sampel penelitian ini berjumlah 30 orang dengan kriteria inklusi: Siswa dengan usia 10-11 tahun, siswa kelas 5. Hasil penelitian adalah Terdapat pengaruh pendidikan kesiapsiagaan bencana terhadap keterampilan menghadapi bencana alam gempa bumi di SDN 1 Gedaren ditandai dengan nilai p = 0,02 (p<0,05).

Article Details

Section
Articles